Minggu, 30 Maret 2008


SMA 2 KENDAL BLOG
Aseli Sekolah Paling Gokil SeKendal
about smanda
Komentar
Profil Smanda
Smanda_Facility
Smanda_komunitas
Online Games
Friendster Group

ShoutBox
Enable Javascript to get full functionality of this shoutbox
MEWUJUDKAN SEKOLAH EFEKTIF MELALUI PEMANFAATAN TIK
Ditulis oleh teguhsetya di/pada Oktober 10, 2007
Reformasi di bidang pendidikan yang ditandai dengan terjadinya pergeseran paradigma pengelolaan dan pembinaan pendidikan dari centralised system menuju decentraliced system bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Pada tingkat satuan pendidikan, otonomi pengelolaan pendidikan dikenal dengan Manajemen Berbasis Sekolah (School-Based Management) memungkinkan satuan pendidikan bersama dengan orang tua, masyarakat dan Komite Sekolah merencanakan, menyelenggarakan, mengevaluasi dan mengembangkan pendidikan dalam kerangka sistem dan kebijakan pendidikan nasional menuju sekolah yang efektif (Hartoyo, 2006: 1).
Reformasi pendidikan di SMA N 2 Kendal ditandai dengan berbagai upaya untuk meningkatkan mutu/ kualiatas lulusan baik di bidang akademik maupun nonakademik. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prestasi yang diperoleh siswa SMA N 2 Kendal dari tahun ke tahun.
Adapun upaya nyata yang telah dilakukan oleh SMA N 2 Kendal untuk Reformasi Pendidikan di bidang akademik misalnya, dengan penerapan KTSP sebagai pedoman dan acuan pembelajaran di sekolah. KTSP atau Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah kurikulum opersaional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan / sekolah (Muslich, 2007: 10). Jadi KTSP disusun oleh sekolah disesuaikan dengan situasi dan kondisi sekolah yang ada.
KTSP disusun berlandaskan pada Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Permendiknas Nomor 24 Tahun 2006 tentang pelaksanaan Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 dan Nomor 23 Tahun 2006 dan berpedoman pada Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
Dengan disusunnya KTSP, diharapkan dapat mewujudkan VISI dan MISI SMA N 2 Kendal sehingga SMA N 2 Kendal menjadi Sekolah Efektif. Adapun VISI da MISI SMA N 2 Kendal sebagai berikut:
- VISI : MENGEMBANGKAN JATI DIRI MERAIH PRESTASI TERTINGGI
- MISI :
1. Meningkatkan rata-rata NEM output, rata-rata 0,2 per tahun
2. Menyiapkan siswa untuk dapat melanjutkan ke perguruan tinggi negeri terkenal
3. Menjuarai berbagai lomba olah raga dan seni baik tingkat kabupaten, propinsi mau pun tingkat nasional
4. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
5. Terpenuhinya sarana prasarana yang lengkap
6. Menuju sekolah Type C yang mantap
Di bidang nonakademik, SMA N 2 Kendal telah berupaya dengan berbagai cara misalnya dengan memberi pelayanan kepada siswa untuk menggali dan mengembangkan bakat serta hobi melalui kegiatan ekstrakurikuler. Ada kurang lebih 17 macam kegiatan ekstra kurikuler di SMA N 2 Kendal meliputi:
Bola Voly
Sepak Bola
Taek Kwon Do
Bola Basket
Seni Tari
KIR
Teater
Band/Musik
Pramuka
PMR
Pecinta Alam
Akutansi
ECC
Matematika
Kimia
Fisika
Biologi
Komputer
PASKIBRA
Dengan disediakannya layanan ekstrakurikuler diharapkan siswa dapat memanfaatkan peluang untuk berprestasi di bidang nonakademik melalui berbagai lomba baik di tingkat kabupaten, propinsi maupun nasional.
Untuk mewujudkan Sekolah Efektif, penulis memandang masih perlu adanya upaya sekolah dalam memberikan layanan bagi seluruh warga sekolah (terutama pelayanan bagi siswa sebagai subjek belajar). Layanan tersebut adalah pemanfaatan Teknologi Informasi di sekolah. Hal ini sangat penting untuk membangun sekolah masa depan yang mampu bersaing di era globalisasi dan era teknologi informasi. Dalam makalah ini akan dipaparkan bagaimana langkah SMA N 2 Kendal dalam mewujudkan Sekolah Epektif dengan memanfaatkan Teknologi Informasi di sekolah.

from: sma2kendal.wordpress.com

Tidak ada komentar: